menu

Lagu Wajib Nasional - Tanah Airku (R Iskak)


Tanah Airku
Karya : R Iskak



Lirik Lagu Wajib Nasional - Tanah Airku :

Sejak jaman purba
Terkenal makmurnya

Tanah yang kaya
Bagaikan permata

Jiwaku tenagaku
Untuk Nusa Bangsa

Sampai di akhir dunia
ku bela tanah airku

Sampai di akhir dunia
ku bela tanah airku


Vidio Lagu Wajib Nasional - Tanah Airku :






Biografi singkat - R.Iskak :

Raden Iskak atau Robert Iskak, (lahir di Tegal, 15 Mei 1912 – meninggal di Jakarta, 21 Juni 2002 pada umur 90 tahun) adalah seorang guru, tentara, sutradara, dan penggubah lagu terkenal. Ia lahir dari ayah Soemawi dan ibu Sundari.

Ia meraih gelar Hoofd Akta setelah menyelesaikan pendidikan kepala sekolah di Belanda. Di Belanda, ia sempat masuk menjadi anggota tim sepak bola nasional Belanda. Ia melanjutkan pendidikannya ke Belanda tanpa sponsor pada masa tersebut, yang menyebabkan ia harus mencari penghasilan di luar sekolah dengan bermain biola di beberapa restoran. Dengan penghasilan inilah ia mencukupi biaya pendidikannya.

Di Belanda pula, Robert berkenalan dengan Alida van de Kuinder [1], kemudian jatuh cinta dan menikahinya pada tahun 1938. Pasangan ini dikaruniai 4 anak: Boy Iskak, Indriati Iskak, Alice Iskak dan Irwan Iskak.

Dari cucu-cucunya, ada 2 yang juga berkecimpung dalam dunia perfilman, yaitu Reynaldi Iskak (Putera pertama dari Boy Iskak) dan Gary Iskak (Putera pertama dari Irwan Iskak).

Sekembali dari Belanda ke tanah air, Iskak memulai kariernya sebagai guru di Bogor dan kemudian di Surabaya. Ia mengajarkan mata pelajaran menyanyi dan juga olahraga. Mantan Wapres Try Sutrisno dan mantan Menkopolkam Soedomo pernah menjadi muridnya.

Ia juga terkenal sebagai penggubah lagu yang handal. Lagunya yang paling terkenal adalah Tanah Airku yang selalu dikumandangkan pada acara perayaan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus.


No comments:

Post a Comment