menu

Lagu Wajib Nasional Bagimu Negeri



Bagimu Negeri
Karya : R. Kusbini




Lirik Lagu Bagimu Negeri :

Padamu negeri kami berjanji
Padamu negeri kami berbakti
Padamu negeri kami mengabdi
Bagimu negeri jiwa raga kami



Not angka dan not balok Lagu Bagimu Negeri :





Vidio Lagu Bagimu Negeri :






Biografi singkat Koesbini :

Kusbini (
di Desa Kemlagi , lahir di Mojokerto, Jawa Timur, 1 Januari 1910 – meninggal di Yogyakarta, 28 Februari 1991 pada umur 81 tahun) adalah tokoh musik kroncong era 1930 - 1955 yang legendaris

Pada era "Keroncong Abadi" (1920 - 1960), ia merupakan tokoh penyanyi dan komponis Indonesia. Pada era sekitar tahun 1937 - 1942 ia aktif dalam menyanyi dan main musik keroncong bersama Annie Landouw, S. Abdoellah, Gesang. Pada masa Hindia Belanda ia menuliskan kembali (transkrip) lagu keroncong Telomoyo, Moresko, Nina Bobo, dll. Namun juga mencipta lagu Kr. Purbakala.

Memang tidak banyak yang tahu tentangnya, sehingga ia meninggal tidak banyak yang tahu jasanya sebagai tokoh musik di Indonesia dan penulis buku terutama yang menyangkut tentang musik.

Namun setelah ia meninggal Pemda Yogyakarta mengganti nama Jl. Jetishardjo menjadi Jl. Kusbini. Dan TV  Yogyakarta juga membuat film pendek mengenai riwayat hidupnya.

Namanya kini diabadikan di Bandar Udara Internasional Raden Kusbini, Pandeglang . Dan ada sebuah patung Raden Kusbini di dekat Bandara Internasional Raden Kusbini, Pandeglang


No comments:

Post a Comment