menu

Lagu kebangsaan Liechtenstein - Oben am jungen Rhein


The National Anthem of Liechtenstein



Lirik Lagu Kebangsaan Liechtenstein

Lirik dalam bahasa Jerman Terjemahan dalam bahasa Indonesia

Oben am jungen Rhein
Lehnet sich Liechtenstein
An Alpenhöh'n.

Dies liebe Heimatland,
Das teure Vaterland,
Hat Gottes weise Hand
Für uns erseh'n.

Dies liebe Heimatland,
Das teure Vaterland,
Hat Gottes weise Hand
Für uns erseh'n.


Nun di atas, di Sungai Rhein yang belia
Terhampar Liechtenstein
Di ketinggian Alpen.

Tanah air tercinta
Ibu pertiwi yang tersayang,
Melalui tangan bijak Tuhan
Dianugerahkan bagi kita.



Vidio Lagu Kebangsaan Liechtenstein






Keterangan

Keharyapatihan Liechtenstein (nama alternatif: Listenstaina) beribu kota Vaduz adalah sebuah negara kepangeranan seluas kurang lebih 160 kilometer persegi yang terkurung daratan ganda. Terletak di tepi timur Sungai Rhein di antara negara Austria dan Swiss, segala urusan luar negeri negara berbahasa Jerman ini diurus oleh Swiss.

Liechtenstein terkenal pula dengan jasa perbankan dan mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata, terutama penjualan prangko. Liechtenstein adalah negara terkecil keempat di Eropa, setelah Kota Vatikan, Monako, dan San Marino. Penduduk aslinya adalah etnis Alemannik, walaupun demikian, penduduk negara ini kira-kira sepertiganya merupakan pendatang, terutama dari Jerman, Austria, Swiss, Italia, dan Turki. Jumlah warga kelahiran luar negeri merupakan dua pertiga dari angkatan kerja negara tersebut. Warga negara disebut oleh jamak: Liechtensteiners.

Oben am jungen Rhein adalah lagu kebangsaan Liechtenstein. Ia dinyanyikan mengikuti melodi lagu kebangsaan Britania Raya, "God Save the Queen". Liriknya digubah pada tahun 1850 oleh Jakob Josef Jauch. Sampai tahun 1963, baris pertama lagu tersebut adalah "Oben am deutschen Rhein" (Di atas sungai Rhine Jerman).



No comments:

Post a Comment