menu

Lagu kebangsaan Latvia - Dievs, svētī Latviju!


The national anthem of Latvia.ca



Lirik Lagu Kebangsaan

Lirik resmi

Bait 1 (repeat-x2)
Dievs, svētī Latviju!
Mūs' dārgo tēviju
Svētī jel Latviju
Ak, svētī jel to!

Bait 2 (repeat-x2)
Kur latvju meitas zied
Kur latvju dēli dzied
Laid mums tur laimē diet
Mūs' Latvijā!



Vidio Lagu Kebangsaan






Keterangan

Latvia, resminya Republik Latvia (bahasa Latvia: Latvijas Republika), adalah sebuah negara di kawasan Baltik, Eropa Utara. Latvia berbatasan dengan Estonia (sepanjang 343 km) di utara, dengan Lithuania (sepanjang 588 km) di selatan, dengan Rusia (sepanjang 276 km) di timur, dengan Belarus (sepanjang 141 km) di tenggara, dan berbagi perbatasan bahari dengan Swedia di barat. Dengan penduduk sejumlah 2.070.371 jiwa dan wilayah seluas 64.589 km persegi, Latvia adalah salah satu negara yang berpenduduk sedikit dan jarang di Uni Eropa. Pusat pemerintahannya berada di Riga. Bahasa resminya adalah Bahasa Latvia dan satuan mata uangnya adalah Lats (Ls). Negara ini beriklim sedang. Negara ini bergabung dengan Uni Eropa pada 1 Mei 2004 dan dengan NATO pada 29 Maret 2004.

Dievs, svētī Latviju! ( Latvia pengucapan: [diɛu̯s svɛːtiː latviju] ; " Tuhan memberkati Latvia! ") Adalah lagu kebangsaan dari Latvia . Kata-kata dan musik ditulis oleh Kārlis Baumanis (Baumaņu Kārlis, 1835–1905).

Selama aneksasi Latvia oleh Uni Soviet , nyanyian "Dievs, svētī Latviju!" dilarang. The republik Soviet dari Latvia memiliki sendiri lagu . "Dievs, svētī Latviju!" dipulihkan sebagai lagu kebangsaan Latvia pada 15 Februari 1990,periode yang sangat singkat sebelum kemerdekaan Latvia dipulihkan .

Lagu kebangsaan dimodernisasi dengan versi utama F yang digunakan sejak 2014, sebelumnya versi G Major digunakan pada sign-on dan sign-off di LTV setiap hari dari 2011 hingga 2013.




No comments:

Post a Comment